IWAN TOYOTA 0812-774-3366KHUSUS PEMESANAN DAN DELIVERY UNIT READY STOCK DI BAWAH TGL 20 SETIAP BULAN DAPATKAN LANGSUNG HADIAH MENARIK IWAN TOYOTA 0812-774-3366MANFAATKAN PROGRAM PROMO KHUSUS PESTA AKHIR TAHUN AGUNG TOYOTA, HADIAH LANGSUNG, TV LED 32", KULKAS, HP ANDROID, DAN MESIN CUCI SERTA TAMBAHAN VOUCHER RP 1 JUTA* IWAN TOYOTA 0812-774-3366MANFAATKAN PROGRAM PROMO BUNGA 0% UNTUK TENOR 1 TAHUN, IWAN TOYOTA 0812-774-3366PROMO KHUSUS PEMBELIAN BULAN INI CALYA DP 8 JT AN, AVNZA 14 JT AN, RUSH 16 JT AN IWAN TOYOTA 0812-774-3366READY STOCK ALL NEW AGYA, PESAN SEKARANG PROMO AKHIR TAHUN
Menu
Model
Beranda » News » Solar Subsidi Bukan buat Fortuner-Innova, Ini Dampaknya kalau Dipaksa

Solar Subsidi Bukan buat Fortuner-Innova, Ini Dampaknya kalau Dipaksa

Dipublish pada 15 Juli 2022 | Dilihat sebanyak 226 kali | Kategori: News

Jakarta – Pertamina akan membatasi pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi. Kemungkinan mobil dengan mesin 2.000 cc ke atas akan dilarang membeli BBM subsidi. Itu artinya, mobil diesel seperti Innova dan Fortuner nggak bisa ‘minum’ Biosolar.
Menurut Didi Ahadi, Head Dealer Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM), mengatakan mobil-mobil diesel yang dijual saat ini sudah mengadopsi standar emisi Euro 4. Untuk itu, diutuhkan BBM diesel yang lebih ramah lingkungan.

“Kalau solar khususnya Euro 4 disarankan menggunakan solar yang sulfurnya 50 ppm,” kata Didi kepada detikcom belum lama ini.

Harapannya, dengan menggunakan BBM diesel dengan sulfur yang rendah membuat emisi gas buang lebih bersih. Hal itu juga bikin mesin dan komponen-komponennya awet.

“Kalau menggunakan solar yang tidak sesuai, terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di mesin. Karena mesin yang menggunakan BBM di bawah standar spek pabrikan, pasti ada dampaknya. Dampaknya jangka pendek maupun jangka panjang,” jelas Didi.

Dampak jangka pendeknya adalah performa mesin akan berkurang. Emisi pun berbeda.

“Katakanlah di belakang mobil, kita mencium bau knalpot pasti berbeda. Bau dan warna (asap berbeda). (Jika pakai solar di bawah rekomendasi) lebih ada asap putih. Yang dikhawatirkan dari Toyota kalau menggunakan sulfur yang lebih tinggi dari 50 ppm akan menumpuk sulfurnya di catalytic converter. Numpuk di sana sehingga yang pasti emisinya kurang baik. Dan timbulnya asap putih di knalpot itu, sehingga yang kami khawatirkan adalah mengganggu visibilitas ke belakang, salah satunya itu juga,” ucapnya.

Selanjutnya, dampak jangka panjang Fortuner-Innova jika menggunakan solar subsidi adalah kerusakan pada komponen mesin. Yang paling umum adalah filter cepat kotor dan tersumbat.

“Filter itu istilahnya supaya kotoran-kotoran nggak masuk ke commonrail, injector segala macam. Yang pasti juga, interval penggantian filter solar itu akan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan yang semestinya. Kalau nggak cepat, berarti kan mampet, dikhawatirkan mampetnya itu bisa menjalar ke common rail sehingga paling parahnya ya injector mampet,” jelas Didi.

Sumber : detikoto.com

Info dan Pemesanan Toyota wilayah Riau hubungi :

 

Bagikan
Diposting oleh

Senior Marketing Otomotif, Profesional dan Trusted

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Gaji PNS Naik, Bisa Nih Nyicil Mobil-mobil Ini

Dipublish pada 1 April 2019 | Dilihat sebanyak 678 kali | Kategori: Promo

Pekanbaru – Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Tanah Air naik sebesar 5% bulan depan. Momen kenaikan gaji ini bisa untuk membeli suatu barang yang selama ini belum bisa dicapainya. Salah satunya mobil. Besarnya kenaikan gaji bisa dimanfaatkan pula untuk... selengkapnya

Harga Mobil Toyota Naik, Kecuali Avanza dan Hilux

Dipublish pada 29 Maret 2019 | Dilihat sebanyak 424 kali | Kategori: Promo

Jakarta – Kenaikan harga mobil di awal tahun sudah lumrah terjadi. Hal itu disebabkan BBN-KB alias Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor yang memang setiap tahun naik sesuai Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2010, tentang Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Dalam... selengkapnya

Toyota: 70% Konsumen Habis Test Drive Langsung SPK

Dipublish pada 29 Maret 2019 | Dilihat sebanyak 437 kali | Kategori: Promo

Jakarta – Era digital tak lantas membuat warga Indonesia malas datang ke diler sebelum membeli sebuah kendaraan, khususnya mobil. Menurut hasil studi PT Toyota-Astra Motor (TAM), orang Indonesia masih suka sekali untuk datang ke diler dan melakukan test drive sebelum memutuskan membeli... selengkapnya